Aplikasi Mendeley Dekstop adalah sebuah aplikasi open source yang dikembangkan Elsevier yang mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Aplikasi ini memungkinkan pemakai untuk melakukan sitasi menjadi lebih mudah dan efisien. Sehingga dengan aplikasi ini menulis makalah akan menjadi lebih mudah dan menghemat waktu.
A. Tutorial Menginstal Aplikasi Mendeley Desktop
- Jika belum memiliki aplikasi mendeley desktop, download langsung di situs resminya https://www.mendeley.com/. Lalu instal seperti biasa.
- Lakukan registrasi jika belum mempunyai akun mendeley, selanjutnya anda akan diarahkan menuju web pendaftaran. Isikan dengan lengkap dan benar setiap formnya. Disarankan menggunakan email institusi masing-masing.
- Lakukan verifikasi pendaftaran melalui pesan yang dikirim melalui email yang digunakan untuk registrasi sebelumnya
- Masukkan email dan password yang telah dibuat.
- Untuk mengoneksikan Mendeley Desktop dengan Microsoft Word maka perlu dilakukan instalasi plugin Mendeley dengan cara klik menu Tools pada aplikasi Mendeley, pilih Install MS Word Plugin.
- Aplikasi Mendeley Desktop sudah siap digunakan.
B. Tutorial Memasukkan Referensi ke dalam Aplikasi Mendeley Desktop
- Mulai jalankan aplikasi dengan membuat library dengan cara mengunduh artikel, jurnal dari beberapa sumber seperti sciencedirect, pubmed ncbi, springer atau sumber yang lainnya. Caranya dengan mengeklik tombol add.
- Lakukan validasi metadata, artikel jurnal, buku, report, dan sebagainya yang sudah didapat untuk memastikan sumber yang didapatkan benar sesuai dengan penulis. Jika jurnal memiliki Digital Object Identifier (DOI) akan memudahkan validasi dengan mengeklik gambar lup di samping. Setelah metadata dirasa sesuai, kemudian klik Details are correct.
- Untuk mengoneksikan Mendeley dengan Microsoft Word maka perlu dilakukan instalasi plugin Mendeley dengan cara klik menu Tools pada aplikasi Mendeley, pilih Install MS Word Plugin.
C. Tutorial Melakukan Sitasi Menggunakan Aplikasi Mendeley Desktop
- Terlebih dahulu kita menentukan format style sitasi yang ingin digunakan, misalnya Harvard Style, Vancouver, APA, dan lain sebagainya. Ini penting dilakukan di awal agar tidak repot merapikan format karena akan berpengaruh pada format sitasi dan daftar pustaka, misalnya dari Harvard Style ke Vancouver.
- Untuk membuat kutipan di tulisan yang kita buat pada Microsft Office Word, langkah yang dilakukan adalah dengan cara klik menu References pada Microsoft Office Word, pilih Insert Citation.
- Pilih jurnal atau artikel yang akan dikutip dengan mengeklik artikel tersebut (cari di library).
- Atau cara kedua yaitu dengan klik tombol go to mendeley dan klik sekali pada referensi yang ingin disitasi. Kemudian liat pada bar di atas, klik cite. Maka akan tersitasi di dalam tulisan yang kita buat.
- Terakhir membuat daftar pustaka pada akhir penulisan dengan cara klik menu References, pilih Insert Bibliography maka secara otomatis akan terbuat Daftar Pustaka.
- Untuk referensi yang tidak secara otomatis muncul secara otomatis pada metadata kita bisa masukkan secara manual dengan program ini juga sehingga tetap bisa tertulis di daftar pustaka.
Tambahan:
Masalah yang kerap dialami adalah References pada Microsoft Office Word tidak muncul menu Mendeley Desktop. Cara agar menu Mendeley Desktop pada References di Microsoft Office muncul kembali yaitu dengan:
Pergi ke menu File → Info → Enable All Content
Kontributor:
Naufal
0 Komentar